Teknik SEO On Page pada Judul dan URL Postingan/Entri

Teknik SEO On Page pada Judul dan URL Postingan/Entri
Sudah tidak bisa dipungkiri bahwa teknik atau cara optimasi seo on page merupakan cara termudah untuk mengoptimasi blog dibandingkan teknik seo off page. Kenapa saya katakan mudah? Karena bisa kita lakukan sendiri dan didalam website kita sendiri, bandingkan jika off page yang dilakukan diluar website kita. Sulitnya ga ketulungan, jika salah atau berlebihan dalam melakukan bisa kena penalty google.

Nah, kali ini saya akan berbagi sedikit trik, atau lebih tepatnya teknik seo on page untuk melakukan optimasi pada judul dan url postingan. Mengapa hal ini yang sering dibutuhkan? Karena memang posting merupakan aktivitas mutlak bagi seorang webmaster.

Artikel lainnya: Cara Meningkatkan SEO untuk Blog untuk Mendatangkan Trafik Organik dari Mesin Pencari.

Baiklah, kita mulai membahas tentang optimasi pada judul dan url postingan, dan langsung saja kita bahas bagaimana cara melakukannya.

  • Optimasi pada Judul Artikel

Nah, judul merupakan pintu masuknya pembaca pada blog kita, terutama jika berpromosi melalui jalur SEO dan promosi online lainya. Mengapa judul menjadi penting untuk dipoles? Tentu karena judul ini harus mengandung kata kunci yang bernar persis sama, atau paling tidak memiliki arti yang sama dengan kata yang kita maksudkan.

Contoh, Kata Kunci bisa di ganti dengan keyword, atau misalnya Trik bisa diganti dengan tips, cara atau teknik yang intinya memiliki kemiripan. Tujuannya adalah agar mesin mudah mengenali maksud dari penulisan judul kita. 

Jadi intinya, kata kunci yang kita incar harus benar-benar mirip dengan kata pada judul posting. Demikian pula pada paragraf pertama juga harus disisipkan agar semakin mudah dikenali robot mesin pencari.

Untuk posisi kata dalam judul upayakan membuatnya pada awal kata, atau pada akhir kata, Tujuannya untuk memastikan kata kunci yang kita incar, bila judul sudah banyak yang sama, modifikasi sedikit dengan menambahkan satu kata. 

Misalnya, 'Cara Membuat Backlink', bisa dimodifikasi dengan 'cara jitu membuat backlink'. 

  • Optimasi pada URL Posting

Setelah melakukan optimasi pada judul dengan memasukan keyword yang kita incar, selanjutnya lakukan pula optimasi pada urlnya dengan permalink (tautan permanen khusus) pada pilihan kedua, bukan default/otomatis. 

Cara optimasi seo ini sebenarnya mudah, pada bagian kanan lembar posting, lihat 'Tautan Permanen', klik kemudia pilih pilihan 'Tautan Permanen Khusus', kemudian isi dengan kata kunci yang kita incar.

Bisa juga anda menambahkan tanda (-) untuk pembatas kata atau membuatnya tersambung menjadi satu kata tanpa spasi. Setelah itu klik tombol selesai. 

Sampa pada tahapan ini saya anggap Anda tidak telallu awam dengan hal ini dan bisa dilakukan dengan baik. Inti dari keduanya adalah kesesuaian antara kata kunci bidikan dan url. Istilahnya harus ada pengcangkokan yang bener agar hasilnya bagus.


Demikian dulu posting singkat ini, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar merupakan sarana berdiskusi, jadi mari kita sama-sama saling berbagi dan belajar!

Terima kasih EmoticonEmoticon