Teknik Internal Link Building, 5 Langkah Mudah Untuk Melakukannya

Teknik Internal Link Building merupakan proses menyisipkan link artikel sebelumnya yang masih berhubungan dengan tema/topik dalam pembahasan artikel. Proses ini tidak bekerja begitu saya, melainkan menggunakan teks yang sesuai dengan judul artikel yang akan disisipkan.

Tujuan menyisipkan link internal blog ke dalam artikel yang baru untuk memudahkan pengunjung dan pembaca mengetahui artikel yang saling berhubungan terkait topik yang sama. Selain itu menjaring lebih banyak traffic untuk blog Anda tentunya.

Teks ini biasanya dinamakan anchor text yang disisipkan link didalamnya. Bila pembaca merasa belum jelas, maka dapat langsung menelusuri lebih lanjut dengan cara mengklik link tersebut.

Teknik Internal Link Building ini sangat bermanfaat dalam hal belajar SEO blogspot, terutama bila anchor text dan link benar-benar sesuai. Selain itu tentunya mempermudah pengunjung untuk menjelejahi beberapa artikel yang masih terkait.

Harapannya pengunjung tidak langsung pergi setelah membaca artikel Anda, mereka kemudian menjalajahi sampai menemukan intisarinya. Namun Anda harus berhati-hati, karena sekarang ini para blogger lebih memilih artikel yang paling relevan.

Tingginya tingkat persaingan sesama blogger sangat menuntut kreativitas Anda dalam menyajikan artikel dan link lain yang saling terkait. Cara ini biasanya dilakukan jika dalam satu pembahasan ada 3 atau lebih artikel, dengan kata lain pembahasan dalam beberapa bagian.


Sebagai contoh Anda menulis artikel yang membahas tentang cara membua blog. Nah, dalam artikel tersebut dijelaskan langkah-langkah, namun sudah dipersingkat karena ada artikel yang khusus membahas tahapannya. Dari situ Anda bisa mulai menyisipkan semua artikel yang tentunya berhubungan satu sama lain.

Ada batasan untuk menyisipkan internal link, agar terkesan natural dan tidak dipaksakan. Maksimal artikel yang bisa disisipkan yaitu 5 artikel yang saling terkait, ini demi menjaga kualitas SEO pada artikel yang di publikasikan.

Berikut ini 5 langkah mudah dalam memulai teknik internal link building, diantaranya:

  1. Pertama-tama siapkan artikel yang telah Anda ketik.
  2. Login pada dashboar blog Anda, lalu klik entri baru.
  3. Kemudian, copy dan paste artikel yang sebelumnya telah Anda ketik pada tahap 1.
  4. Agar telihat natural, pastikan bahwa bahasa pada artikel yang hendak diposting saling terkait. Kemudian ketikan teks yang akan muncul lalu sisipkan artikel yang terkait dari dengan cara add link, setelah selesai klik ok.
  5. Terakhir, bila Anda ingin menyisipkan lagi link artikel yang lain, lakukan seperti pada langkah 4.
Catatan, Perhatikan contoh gambar berikut ini:
Tahapan Dalam Menyisipkan Link Internal

Bagaimana soba blogger, mudah bukan caranya? Saya yakin bahwa seluruh rangkaian proses ini bukanlah hal baru bagi Anda apalagi yang telah lama bergelut dalam dunia blogging.

Sampai disini pembahasan Teknik Internal Link Building, dan saya anggap Anda telah memahaminya. Semoga pembahasan ini bermanfaat untuk menambah wawasan Anda.


Salam!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Kuliner Bogor
AUTHOR
May 14, 2016 at 10:20 PM delete

jadi maksimal 5 link internal ya pak Daniel, arahnya bebas kemana saja ya , yang penting terkait.
Terimkasih postingnya muantappp

Reply
avatar

Komentar merupakan sarana berdiskusi, jadi mari kita sama-sama saling berbagi dan belajar!

Terima kasih EmoticonEmoticon