Teknik SEO Pemula, 3 Poin Penting Yang Wajib Diketahui

Cara Kerja SEO - Pada saat memutuskan untuk membuat blog, ada bebepara komponen penting yang wajib kita pahami. Salah satu poin penting ini adalah Teknik SEO.
Membahas tentang Teknik SEO, sudah pasti tidak pernah ada ujungnya, selalu saja ada hal baru dan tentunya menarik untuk dibahas. Salah satu penyebabnya adalah perubahan pada alogaritma yang dilakukan oleh mesin pencari (google, yahoo, bing dan lainnya) secara berkala.

Tujuannya adalah untuk menghasilkan pencarian yang relevan oleh pengguna mesin pencari yang umumnya adalah manusia. Selain relevan, tentunya merujuk pada perubahan serta perkembangan zaman yang secara dinamis terus menerus berubah.

Teknik SEO Pemula

Sebagai blogger pemula, tentunya saya pribadi tidak dapat memastikan bagaimana algoritma mesin pencari/search engine yang sesungguhnya. Hal inilah yang menjadi misteri yang seolah tidak pernah terpecahkan oleh siapapun.

Mengingat kondisi yang demikian, tentunya para blogger master pasti dapat menganalisanya. Dari hasil analisa tersebut, diambillah beberapa  kesimpulan. Nah, kesimpulan inilah yang memuat beberapa poin penting Teknik Membangun Backlink yang SEO agar blog kita tetap dapat eksis di halaman hasil pencarian (SERP google dan mesin pencari lainnya)

Kemampuan analisa para blogger tentunya berbeda-beda, bagi saya yang pemula dan masih belajar pasti merujuk pada hasil analisa para master.

Pada kesempatan yang baik ini, saya akan sharing sedikit hasil pembelajaran Teknik SEO saya. Berikut ini adalah 3 Poin Penting Teknik SEO yang wajib untuk diketahui pemula, diantaranya:

  • Teknik SEO On Page dengan Internal Link


Teknik SEO yang satu ini lebih mengedepankan pemanfaatan setiap halaman blog. Biasanya beberapa artikel yang saling terkait dan memiliki topik yang sama ikut disertakan dalam postingan.

Teknik ini tergolong sederhana dengan menampilkan anchor text serta link yang sesuai pada postingan terbaru yang dikaitkan dengan postingan sebelumnya. Salah satu contoh situs yang memiliki internal link yang baik adalah wikipedia, serta beberapa situs populer lainnya.

  • Teknik SEO Off Page dengan Backlink Building


Teknik SEO backlink building harus dilakukan secara alami yaitu dengan cara blogwalking. Sampai saat ini, backlink merupakan komponen penting dalam SEO Off Page.

Backlink yang alami dan berkualitas didapat dari situs media sosial, edu, gov serta beberapa situs yang memiliki niche yang sama dengan blog kita. Saat ini, mesin pencari sekelas google lebih selektif dalam penentuan kualitas backlink. Oleh karenanya, sedikit backlink yang berkualitas akan lebih baik dibanding ribuan backlink tak berkualitas/buruk.

  • Update Artikel Secara Berkala


Teknik update posting lebih mengedepankan kualitas konten. Untuk mendapatkan konten yang berkualitas dimata pembaca dan mesin pencari tentu kita harus membuatnya sendiri alias original.

Memang si banyak artikel copas yang sukses dibanding yang aslinya, itu karena tingkat backlink dan kualitas seo blog copas juga mendukung. Akan tetapi tidak selamanya kondisi ini berlaku, pasti ada kalanya konten yang unik, original dan berkualitas pasti dapat diterima oleh pembaca dan mesin pencari.

Poin penting dalam hal ini adalah frekuensi update artikel secara berkala serta dalam waktu yang sama setiap harinya. Hal ini untuk memberitahu kepada mesin pencari bahwa kita blogger yang aktif.

Tanpa terasa, artikel ini sudah lumayan panjang saya uraikan. Jadi saya cukupkan disini dulu pembahasan Teknik SEO Pemula dan 3 Poin Pentingnya. Semoga tidak membosankan dan dapat bermanfaat bagi saya pribadi serta para blogger pemula lainnya.

Bila Anda ingin bertukar pikiran dan berdiskusi tentang Teknik Membangun Backlink yang SEO atau memberikan koreksi terhadap artikel ini silahkan tambahkan pada kolom komentar.


Salam!

Artikel Terkait

First

2 komentar

Write komentar
Guru Pantura
AUTHOR
August 22, 2015 at 5:49 PM delete

Sampai saat ini saya masih mengalami kendala pada poin ke-3 Pak, hal ini dikarenakan kesibukan kerja di dunia nyata.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
November 28, 2015 at 7:28 AM delete

Untuk artikel, Anda bisa membeli atau menyewa seorang penulis juga bisa kok

Reply
avatar

Komentar merupakan sarana berdiskusi, jadi mari kita sama-sama saling berbagi dan belajar!

Terima kasih EmoticonEmoticon